Yohanes Chandra Ekajaya Bisnis Ramah Lingkungan

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya tidak hanya tampan. Ia pun mempunyai kemampuan dan keahlian serta keinginan untuk melestarikan lingkungan. Walaupun sejak kecil ia bercita-cita menjadi seorang pengusaha, dan keinginannya itu tercapai, ia kini mengelaborasikan antara pelestarian lingkungan dengan bisnis. Sehingga gelar pengusaha ramah lingkungan pun erat menempel padanya.

Sebagai seorang pengusaha yang tidak biasa, yakni sebagai pengusaha yang ramah lingkungan, maka Yohanes Chandra Ekajaya mempunyai konsep-konsep unggulan. Salah satunya adalah membuka bisnis penginapan kecil. Dimana penginapan tersebut ia kembangkan menjadi sebuah penginapan yang sangat ramah lingkungan. Misalnya para penghuni penginapan itu nantinya akan diberikan arahan untuk memilah sampah dengan benar. Dari sampah yang dipilah tersebut kemudian diolah menjadi sesuatu yang layak pakai dan mempunyai nilai jual.

Pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini mengatakan bahwa ide mengenai penginapan ramah lingkungan berasal dari tempat tinggalnya. Ia menjelaskan bahwa di tempat tinggalnya, masyarakat sudah sangat sadar akan pemilahan sampah. Bahkan pemilahan ini sudah dilakukan sejak tingkat rumah tangga. Warga memilah jenis sampah ke dalam dua golongan, yakni organik dan non organik. Jadi bila dilihat secara data keberhasilan, maka program ini sudah berhasil dijalankan di tempat tinggalnya.

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya menambahkan bahwa di desa tersebut juga menerapkan sistem hukuman dan apresiasi. Bagi warga yang tida memilah sampahnya secara benar akan mendapatkan hukuman. Salah satu hukumannya adalah petugas kebersihan tidak akan mengangkut sampah milik warga tersebut. Kemudian bagi warga yang taat dan memilah sampah secara baik dan benar, maka akan mendapatkan penghargaan dari desa tersebut.

Pengusaha sukses yang juga terkenal dengan nama Ki Sambarlangit ini mempunyai harapan dan keinginan bahwa seluruh desa di Indonesia mempunyai program yang serupa dengan apa yang sudah dilakukan oleh desa tempat tinggalnya dalam mengelola sampah. Secara kosmologis, klenik, maupun metafisika ia menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia sebenarnya sudah diajarkan sejak dini oleh para orang tua untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan alam.

Dok. Yohanes Chandra Ekajaya

Selain menjaga kelestarian tempat tinggalnya, Yohanes Chandra Ekajaya pun pernah menyelenggarakan sebuah acara yang bertujuan mengajak seluruh elemen masyarakat supaya menjaga lingkungan dimana mereka tinggal. Ia bahkan turun ke masyarakat untuk saling berbagi mengenai masalah lingkungan. Sasaran utama dari kegiatan itu adalah para pemuda. Karena bagaimana pun mereka adalah penentu kebijakan desa di masa mendatang.

Lelaki yang belum genap berusia 30 tahun ini mengatakan bahwa selain mengadakan diskusi dan sharing, ia juga mengisi kegiatan tersebut dengan kegiatan penanaman pohon, memungut sampah, jalan santai, serta berbagai macam pertunjukkan dan hiburan. Bahkan jika memungkinkan kegiatan serupa akan dijadikan event rutin dan diadakan setiap tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *