Nizam Zuhdi Meraup Untung dari Situs Bukalapak

Keterbatasan komunikasi karena menyandang tuna rungu  sejak lahir tidak membuat Nizam Zuhdi patah semangat dalam menggapai kesuksesan. Dengan semangat pantang menyerahnya, pria itu kini menjadi salah satu pemilik toko mainan besar yang mempunyai pelanggan dari dalam dan luar negeri . Berbagai rintangan dilalui mulai dari berkomunikasi dengan pembeli hingga sampai tertipu berkali-kali.

Nizam Zuhdi dulunya menempuh pendidikan di Sekolah Luar Biasa di Malang dan harus jauh dari keluarganya di Tulungagung.¬† Saat itulah ia tertarik dengan Gundam, yaitu mainan yang terinspirasi dari sebuah film anime Jepang. “Saya membeli Gundam pertama menggunakan uang tabungan saya karena harganya cukup mahal,” kata Nizam dibantu adiknya, Sabtu (17/12/2016). Hobi merakit Gundam itu berlanjut sampai ia duduk di bangku kuliah di Jurusan Teknik Informatika di salah satu universitas swasta di Malang.

Nizam Zuhdi Situs Bukalapak

Di sana ia mengenal berbagai hal soal internet dan mulailah timbul tekat menjual Gundam via online. “Mulai sekitar tahun 2005, dulu lewat situs berbagai macam situs jual beli dan sosial media,” ujarnya. Namun tidak semudah yang dibayangkan ketika Nizam Zhudi memulai usahanya. Ia berusaha mencari pinjaman uang ke orang tuanya tapi kala itu belum direstui karena khawatir ia akan ditipu. Tapi Nizam memiliki tekat kuat, ia mulai menawarkan Gundam yang bahkan ia sendiri tidak memiliki stoknya.

“Dulu itu orang pesennya apa, pre order dulu terus saya carikan ke kota-kota lain yang jual. Seperti dropship juga,” ujarnya. Lagi-lagi ternyata langkahnya tidak mulus, ia kerap menerima komplain dari pelanggan yang marah-marah. Hal itu karena komunikasi lewat chatting atau SMS yang berujung kesalahpahaman. Kini Nizam tidak lagi harus menyambut sendiri pelanggan yang datang ke rumahnya karena sudah mampu mempekerjakan 6 orang pegawai untuk berkomunikasi dan melayani pelanggannya.

Trafic penjualannya mulai naik secara drastis ketika beberapa tahun terkahir ini, yaitu ketika sebuah situs yang bernama bukalapak.com dirilis oleh Ahmad Zacky selaku owner bukalapak. Dari situs ini Nizam Zhudi mulai banyak mendapatkan pelanggan. Apalagi ketika saat ini yaitu, program yang memajukan para pelapak melalui pahlawan lapak yang disediakan oleh bukalapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *